Cara Bisnis Jualan Online Untuk Pemula

  • 5 min read
  • Mar 29, 2020
cara bisnis online

Berawal dari Kegiatan Bisnis Jual Beli.

Kegiatan berjualan menjadi salah satu cara masyarakat luas untuk mencari penghasilan utamanya, tak sedikit orang berjualan guna memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Awalnya jualan Cuma dilakukan dipasar, penjual dan pembeli itu saling bertemu, dan transaksi ditempat.

Tapi sekarang, jualan biasa dilakukan tanpa harus tatapan wajah, yaitu dengan memanfaatkan teknologi saat ini, kegiatan ini disebut jualan atau bisnis online.

Karena mudahnya untuk dilakukan, banyak pedagang yang awalnya Cuma mengandalkan jualan secara offline, kini mereka beralih berjualan secara online juga. Alasan utamanya adalah karena ingin memperluas pasar.

Memang harus diakui, kalau jualan online sekarang itu tanpa harus punya tokopun bisa punya pelanggan, bahkan jumlahnya bisa mengalahkan pedagang yang punya toko sendiri.

Itulah hebatnya jualan atau bisnis online!.

Nah pada artikel ini kamu akan belajar bagaimana caranya untuk jualan online, sekalipun kamu orang awam, nantinya pasti akan paham cara jualan secara online. 

Alasan Kenapa Harus Bisnis Jualan Online?

1.Jualan Online itu Lebih Mudah.

Kenapa saya katakana lebih mudah? Ya karena tanpa harus sewa toko kita sudah bisa jualan, bahkan sekarang ini tanpa harus punya stock barang juga sudah bisa jualan.

Hmm hebat banget kan?

Bukan itu saja, kemajuan media social juga menjadi manfaat bagi pedagang online, karena bisa memanfaatkan media social untuk sarana promosi secara gratis. Anggap saja facebook, media social yang paling banyak penggunanya.

Sering kali kita temui para pedagang online itu melakukan promosi disana, ya karena mereka tau, potensi pasar media social di facebook itu sangat luas, dan menguntungkan. Ditambah lagi facebook itu bisa digunakan secara gratis.

2. Jualan Online itu Bisa Tanpa Modal.

Iya bener banget tuh, sekarang ini semakin mudah aja untuk jualan online, bahkan kalau kamu anak sekolahan yang pingin bisnis online tapi belum ada modal juga bisa memulai sekarang. Sistem ini dinamakan dengan Dropshiper.

Dropshiper itu kurang lebih, ada teman kita atau orang lain yang punya usaha dagang,, nah kamu jualin produknya dia dengan cara promosi. Pas ada yang mau beli, kamu tinggal bilang saja ke pemilik barangnya, kalau ada orang yang mau beli, Namanya ini, alamatnya ini.

Beress deh!.

Kamu bakal dapet komisi dari promosi yang kamu lakukan itu, nah itulah yang dinamakan dropshiper/dropship.

Ada juga yang mengatakan system ini, adalah system affiliasi. Jualan tanpa nyetock barang, Cuma modal promosi lewat social media, kalau ada yang beli lewat perantara kamu, maka kamu dapet komisi sekian persen.

3. Potensinya Lebih Besar dari Bisnis Offline.

Yups, betul sekali, bisa dikatakan kalau bisnis online itu potensinya jauh lebih besar dibandingkan bisnis offline. Jika bisnis offine sector pasarnya itu-itu aja, atau daerah itu aja. Maka bisnis online sektor pasarnya itu seluruh dunia yang terkoneksi dengan Internet.

Wow, sangat keren sekali kalau gitu ya!.

Bahkan para pebisnis offline itu sekarang sedang gencar-gencarnya untuk membangun bisnisnya menjadi online. Karena mereka paham betapa besarnya potensi yang bisa didapatkan kalau bisnis itu sudah dionlinekan.

4. Bisnis Online Lebih Mudah Berkembang.

Seperti yang saya katakan diatas, bisnis online itu gak usah ribet mikirin sewa toko, karena bisa dikerjakan dari rumah. Nah karena gak mikirn harga sewa toko, maka potensi untuk berkembangnya lebih mudah.

Misalnya saja kamu jualan baju, ketika pingin ngembangin ke sepatu, kamu gak usah mikirin untuk sewa toko lagi. Karena bisa manfaatin rumah untuk Gudang. Berbeda dengan bisnis offline, kalau udah jual baju, pasti dia butuh toko lagi untuk menjual sepatunya.

Cara Memulai Bisnis Online.

Kalau kamu pingin memulai jualan atau bisnis online, kamu harus perhatikan kesukaan atau hobi kamu itu seperti apa. Apakah kamu suka dengan nyemil, pakaian, atau kegiatan seperti photograpy, atau menulis.

Ketika kamu sudah tau bakat yang kamu punya, maka akan lebih mudah lagi untuk melanjutkan memulai bisnis online. Nih misalnya saja, saya itu hobi nulis artikel, maka peluang bisnis online yang saya ambil itu menulis artikel untuk website, atau membuuat ebook.

Saya akan membuat halaman blog untuk menjadikan tulisan-tulisan saya itu ladang penghasilan.

Dengan kata lain, hobi=bisnis online.

Atau kalau kamu lebih prefer ke nyemil, maka potensi yang bisa kamu ambil adalah berjualan makanan ringan. Makanan ringan itu beragam sekali modelnya, dan kesukaan orang itu beragam juga. Ada yang suka asin, pedes, ada yang suka manis.

Nah kamu bisa banget padukan semuanya, dalam satu produk makanan ringan yang punya banyak rasa. Misalnya saja makaroni, atau mie lidi. Kan ada tuh yang rasa pedes, manis asin, Barbeque, dan lainnya.

Juga pasar untuk makanan ringan itu terbilang lumayan tinggi, dari anak-anak hingga remaja, mereka pada suka nyemil seperti itu. Untuk bisnis makanan ringan, kamu gak perlu khawatir untuk memikirkan produksinya.

Karena bisa membeli ke orang lain, dan dijual lagi, Namanya jadi Reseller. Banyak banget distributor makanan ringan dari Bandung yang bisa kamu coba. Tinggal search saja di Google, distributor makaroni, distributor mie lidi, nanti pasti ketemu.

Biasanya untuk menjadi Reseller itu modal yang perlu disiapkan kisaran 100-500rb, tergantung tempat belinya. Karena minimal menjadi Reseller itu biasanya order 10pcs+. Dan akan mendapatkan harga khusus reseller, untuk dijual lagi.

Lakukan Promosi Secara Berkala.

Setelah kamu dapet nih produk apa yang mau dijual, kamu harus lakukan promosi, supaya ada yang tau kalau kamu jualan itu. Untuk tahapan awal promosi emang gak langsung ada yang beli, tapi butuh proses untuk orang itu tertarik membeli produk yang kamu jual.

Ini wajar!!..

Untuk promosi sendiri kamu bisa memanfaatkan whatsapp, Instagram dan facebook yang kamu punya. Caranya gampang banget, foto produk yang kamu jual, lalu upload foto itu ke sosmed kamu, dan berikan sedikit polesan caption yang menarik.

Perhatikan:

Caption yang menarik itu gak perlu Panjang, gak perlu formal, tapi perlu perasaan dalam penyampaiannya.

Contohnya

Caption 1:

Selamat siang, kesempatan kali ini saya ada produuk yang mau saya jual, yaitu baju lebaran yang sangat bagus sekali. Kain yang digunaka itu sudah kualitas terbaik, sehingga nyaman saat digunakan.

Caption 2:

Gaes! Ini aku ada macaroni super pedes level 5, yang minat bisa chat harga murah meriah!!!.

Kira-kira dari 2 caption diatas, yang mana lebih menarik?, menurut saya sendiri sih yang nomor 2, karena sector pasar yang ditargetkan itu anak-anak dan yang terpenting bahasanya enak untuk pelanggan. Jadinya lebih suka dengan Bahasa yang mereka gunakan, yaitu Bahasa sehari-harinya mereka.

Juga jangan dilupakan penggunakan tanda pagar atau hastag, karena hastag itu mampu meningkatkna insight postingan kamu. Misalnya kamu jualan baju, isikan hastag berikut:

#bajumurah #bajulebaran #bajucouple #bajubaru #bajudistro #bajucewe #bajupria #bajukekinian, dll.

Untuk tambahan sebagai tempat kamu promosi bisnis, kamu bisa memanfaatkan forum yang khusus membahas tentang bisnis, disana kamu boleh tawarkan jasa atau produk yang kamu jual. Salah satunya adalah forum ruangdiskus,.

 

Tips Hadapi Customer Untuk Pemula.

Karena kamu baru pertama kalinya berbisnis online, kamu bakalan ketemu dengan orang yang wataknya berbeda-beda, pola katanya beda-beda. Jadinya kamu harus perhatikan itu.

1.Pelanggan nanya banyak itu wajar.

Karena dia pingin tau tentang produk yang kamu jual, apa itu sesuai dengan yang dia cari atau enggak. Jadi kalau dia sudah tanya Panjang lebar, dan endingnya endak jadi beli, ya harus disabari.

Karena emang seperti itulah kalau terjun ke bidang jual dan beli.

2. Jelaskan secara detail ke pelanggan.

Jelaskan secara detail mengenai produk yang kamu jual, misalnya seperti keadaan barang yang kamu jual, harganya, ongkos kirimnya, alamat rumah/toko kamu.

Kalau pelanggan sudah tau detail tentang bisnis kamu, pasti dia akan lebih percaya, dan lebih mateng untuk beli dikamu.

3. Iming-imingi Diskon!.

Biasanya pelanggan itu suka banget kalau dikasi harga murah atau diskon. Kebanyakan orang baru mau belanja kalau pas ada diskon, nah kamu tinggal buat aja event diskon untuk 7 hari pertama atau untuk 5 orang tercepat.

Pastnya ngefek banget ke dagangan kamu, tapi juga harus dibarengi promosi yang serius.

Lakukan Tips diatas Secara Konsisten.

Gak ada ceritanya kalau bisnis itu baru seminggu jalan, udah memberikan hasil yang besar, kalau mau hasil yang besar setidaknya 6 bulan pertama itu kamu harus ektra berjuang untuk promosi, jualinnya, dan menghadapi pelanggan.

Serta kamu juga harus memberikan sesuatu yang baru dalam bisnis kamu itu, seperti menggabungkan tehnik penulisan dan design grafis untuk meningkatkan penjualan kamu.

Karena gak cukup kalau promosi itu Cuma upload foto aja, tapi butuh caption yang benar-benar menarik.

Setuju?

Okelah materinya sudah cukup sampai disini dulu, sekarang kamu coba pratikkan apa yang kamu baca, kalau kamu menemukan kendala didalam bisnis, berarti kamu itu orangnya serisu didalam bisnis.

Karena memang tantangan orang berbisnis itu pasti ada ketika ditengah perjalanan.

3 thoughts on “Cara Bisnis Jualan Online Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *