Pengertian Penulis Tamu dalam Dunia Blogging

  • 3 min read
  • Apr 16, 2020
penulis tamu

Kalau kamu lagi cari informasi mengenai Penulis Tamu, mungkin artikel ini menjadi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kamu selama ini mengenai penulis tamu.

Pengertian Penulis Tamu dalam Blogging.

Penulis Tamu Adalah seorang blogger yang ingin mengirimkan artikel tulisannya ke blognya orang lain, dengan harapan bisa mendapatkan Backlink secara Gratis.

Gampanya itu Kamu punya blog, Aku punya blog, Nah kamu ngirim artikel kamu ke aku, artikel ini sebelumnya belum pernah kamu publikasikan dimanapun dan artikel ini kamu tulis sendiri. Dengan syarat artikel yang kamu tulis itu sesuai dengan topik pembahasan Blog aku, maka aku akan terima artikel tersebut, dan kamu boleh naruh link di artikel itu, menuju blog milik kamu.

Link yang mengarah ke blog kamu itu dinamakan dengan Backlink.

Ringkesnya Backlink itu sangat berguna, salah satu cara untuk Optimasi Mesin Pencari, dimana kalau blog kamu mendapatkan backlink yang berkualitas, nanti blog kamu akan lebih mudah masuk ke halaman pertama Google.

*Untuk materi backlink saya tulis diartikel lain dan dikesempatan lainnya ya, biar gak nyampur disini. Karena disini bahas tentang Penulis Tamu saja.

Syarat dan Ketentuan Menjadi Penulis Tamu.

Oh iya, Penulis Tamu ini juga disebut sebagai Guest Post dalam Bahasa Inggris, jadi kamu gak usah bingung mau nyebut Penulis Tamu atau Guest Post. Karena maknanya sama saja, dan tatacaranya juga sama. Tergantung dari pemilik blog yang pingin kamu titipin Backlink.

Syarat ketentuan menjadi penulis tamu itu beragam, tergantung pemilik blognya, ada yang memberikan syarat artikel minimal 800 kata, ada yang 300 kata. Beragam deh pokoknya.

Tapi secara umum sih, cuma berbeda di jumlah kata artikel yang dikirim saja. Misalnya di blog A itu cuma 300 kata, di Blog B itu minimal 500 kata, ya terserahnya yang punya blog deh.

Secara umum syarat ketentuan jadi Penulis Tamu:

  1. Artikel yang ditulis harus original, belum pernah di publis di blog lain.
  2. Tidak mengandung Sara, Porno, Judi, dan sebagainya.
  3. Bebas Plagiarisme.
  4. Penulis Tamu dipersilahkan naruh link/backlink minimal 1 ke blog miliknya.
  5. Artikel yang dikirim dilengkapi dengan gambar atau video pendukung.
  6. File artikel berupa docx, atau langsung ditulis di dashboard blog pemiliknya.

Manfaat dari Menjadi Guest Post atau Penulis Tamu.

Manfaat ini merupakan pengalaman saya sendiri ya, mungkin juga dirasakan sama blogger lain yang pernah melakukan guest post di blog orang lain.

1. Menjalin Relasi dengan Blogger Baru.

Misalnya nih awalnya saya gak punya teman untuk sharing tentang blogging, tapi saat ngajukan guest post, itu kan otomatis kenalan sama blogger baru. Nah jadinya semakin lama, saling sapa deh tu di facebook, dan berani nanya-nanya pengalaman  gitu.

2. Meningkatkan Peringkat Blog di Google.

Ini yang paling umum dicari orang-orang kalau mau guest post, pas kita dapat backlink dari guest post, pasti secara perlahan peringkat blog kita akan meningkat di Google. Dari yang awalnya halaman 2, tiba-tiba aja halaman pertama, enak banget deh.

3. Bekerja Ektra dalam Menulis.

Ini paling rumit sih, karena kita harus nulis artikel yang bagus untuk orang lain, supaya artikelnya diterima, dan bisa dapat backlink. Selain itu kalau jadi penulis tamu trus pingin dapet backlink, tapi tulisannya aburadul juga kayaknya malu gitu. Udah dikasi backlink gratis, eh cuma kerja biasa aja.

4. Meningkatkan Trafic Blog.

Bonus dari menjadi penulis tamu atau guest post adalah perlahan-lahan akan meningkatkan trafic blog kita, percaya gak percaya itu pasti terjadi sob.

Bayangnnya kayak gini:

Sekarang kamu nulis artikel tentang apa misalnya, terus kamu kasi artikel itu ke blog orang lain, nah di artikel itu kan ada link yang ngarah ke blog kamu. Pas artikel kamu di publikasikan sama yang punya blog, auto tuh dibaca sama visitor blog tersebut. Nah pas artikelmu dibaca, kemudian ada link, pasti ada beberapa orang akan klik link tersebut, dan ngarah ke blog kamu.

Itulah kenapa jadi penulis tamu bisa meningkatkan visitor blog kita. Kamu bisa baca penjelasan lengkap tentang tips meningkatkan visitor blog dari saya.

Kesimpulan:

Melakukan Guest Post itu memang sangat berguna sekali untuk blog sendiri, apalagi kalau pingin meningkatkan peringkat blog di Google tanpa biaya promosi. Padahal banyak cara untuk meningkatkan peringkat blog di Google, tapi tidak semuanya dapat dipakai secara gratis. Disini dengan Guest post sangat memudahkan kita dalam meningkatkan peringkat blog di Google.

Nah mungkin itu saja yang bisa tak jelasin tentang pengertian, manfaatnya, dan ketentuan jadi Penulis Tamu di blog orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *